Cara Install CodeIgniter di Localhost

Cara Install CodeIgniter di Localhost

CodeIgniter merupakan framework open source dengan bahasa pemrograman PHP yang memiliki model MVC (Model, View, Controller) untuk membangun situs web dinamis. CodeIgniter memudahkan pengembang web untuk membuat aplikasi web dengan cepat dan mudah dibandingkan dengan membuatnya dari awal.

Sedangkan MVC adalah teknik atau konsep yang memisahkan komponen utama menjadi tiga komponen yaitu Model, View dan Controller.

CodeIgniter juga menyediakan fasilitas seperti Helper, dan Library yang dapat membantu developer dalam membuat Pagination, Session, Manipulasi Url, dan lainnya.

Cara Install CodeIgniter

1. Download file CodeIgniter
Kita bisa mendapatkan file CodeIgniter di situs resminya yaitu http://www.codeigniter.com pilihlah versi yang paling terbaru.

2. Ekstrak dan Install CodeIgniter
Setelah mendownload file CodeIgniter, disini saya memakai CodeIgniter versi 3 dengan nama file Codeigniter-3.1.3.zip ekstrak sehingga akan muncul folder bernama Codeigniter-3.1.3. Rename folder menjadi codeigniter dan salin ke directory root server, saya memakai linux sehingga directory server berada di var/www/html.

3. Konfigurasi Base URL CodeIgniter
Untuk konfigurasi base url pada CodeIgniter, buka folder application/config dan buka file config.php menggunakan text editor seperti sublime. Cari kode seperti dibawah ini:

$config['base_url'] = '';

Ubah menjadi:

$config['base_url'] = 'http://localhost/codeigniter';

Selesai sudah konfigurasi awal CodeIgniter, sekarang buka browser yang teman-teman gunakan, ketik http://localhost/codeigniter pada address bar. Jika berhasil maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

Mungkin cukup sekian tutorial tentang Cara Install CodeIgniter di Localhost, jika bermanfaat silahkan share keteman-teman kalian supaya mereka tau apa yang kalian tau. Jika ada kesulitan silahkan tinggalkan komentar.

Baca Juga:

Gagas Sangga Pratama   Gagas Sangga Pratama Selasa, 25 Juni 2019 1.451 View CodeIgniter

Komentar
grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesbig surprise
tongue laughohhgrrroh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangrykisscool smirkcool mad