Cara Install Android Studio 3 di Linux Mint

Cara Install Android Studio 3 di Linux Mint

Android Studio adalah Integrated Development Enviroment (IDE) untuk sistem operasi Android yang dibangun diatas perangkat lunak JetBrains IntelliJ IDEA dan didesain khusus untuk pengembangan Android. IDE ini merupakan pengganti dari Eclipse Android Development Tools (ADT) yang sebelumnya merupakan IDE utama untuk pengembangan aplikasi android. (Wikipedia)

Pada artikel kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana Cara Install Android Studio pada Sistem Operasi Linux. Kenapa harus di Linux? Berdasarkan pengalaman saya sendiri, menginstall Android Studio di Linux lebih efisien daripada di Windows jika spek laptop kita low end. Hanya dengan Prosessor Core i3 dan Ram 4GB kita sudah bisa menjalankan Android Studio di Linux dengan performa yang lumayan lancar.

Untuk dapat menginstall Android Studio pada Linux, langkah pertama kita harus download terlebih dahulu installer Android Studio pada situs resminya.

Klik tombol Download Android Studio maka akan muncul popup lalu centang pada bagian I have read and agree with the above terms and conditions dan klik tombol DOWNLOAD ANDROID STUDIO FOR LINUX.

Selanjutnya ekstrak file yang sudah diunduh ke directory home.

Masuk ke directory yang sudah di ekstrak, lalu klik kanan dan pilih Open In Terminal.

Pada terminal yang terbuka, ketikan sudo ./bin/studio.sh lalu tekan enter. Maka akan muncul Complete Installation pilih Do not import settings.

Pada Android Studio Setup Wizard pilih Next.

Selanjutnya pada Install Type pilih Standard.

Selanjutnya kita diminta untuk memilih UI Theme yang ada pada Android Studio, pilihlah sesuai dengan yang kalian inginkan. Lalu klik Next.

Pada Verify Settings klik Next.

Selanjutnya pada Emulator Settings klik Finish. Maka Android Studio akan memulai mengunduh file yang diperlukan.

Setelah semua komponen sudah terunduh, langkah terakhir klik tombol Finish.

Maka akan muncul tampilan Welcome to Android Studio.

Pilih Start a new Android Studio project untuk memulai membuat project pertama kalian!

Mungkin cukup sekian artikel tentang Cara Install Android Studio pada Linux, jika bermanfaat silahkan share keteman-teman kalian supaya mereka tau apa yang kalian tau. Jika ada kesulitan silahkan tinggalkan komentar.

Sumber: CodePolitan

Gagas Sangga Pratama   Gagas Sangga Pratama Selasa, 19 November 2019 750 View Ubuntu

Komentar
grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesbig surprise
tongue laughohhgrrroh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangrykisscool smirkcool mad