Konfigurasi SSH Server pada Debian 9

Konfigurasi SSH Server pada Debian 9

Secure Shell (SSH) adalah sebuah protokol administrasi yang memungkinkan user untuk mengakses dan memodifikasi berbagai macam pengaturan maupun file yang ada di dalam server.

Dalam artikel kali ini TeknoWebApp akan memberikan Cara Install dan Konfigurasi SSH Server pada Debian 9.

Langkah pertama, pastikan kalian sudah login sebagai Super User (user root). Jika belum, silahkan ketikkan perintah "su" lalu isikan password root yang sesuai saat instalasi. Langkah selanjutnya, kita harus install service atau layanan SSH Servernya dengan perintah:

apt install openssh-server -y


Setelah terinstall, kalian perlu restart service SSH servernya, berikut perintahnya

service ssh restart

dan selesai. SSH pada dasarnya sudah mempunyai konfigurasi default tanpa harus melakukan konfigurasi dan sekarang kita sudah bisa menggunakan SSH server pada port 22.

Sekarang, coba remote SSH dari sisi client nya, saya menggunakan software bernama Putty untuk Windows. Jika kalian belum menginstall silahkan download disini.

Langsung saja install dan buka aplikasinya. Isikan alamat IP Server kalian ke kolom "Host Name (or IP address) dan biarkan terisi 22 pada kolom port, lalu klik Open.


Maka akan muncul popup, silahkan kalian pilih yes dan akan muncul jendela baru yg kurang lebih seperti dibawah ini.


Masukkan username dan password yang biasa digunakan kalian untuk login ke Server.


Mungkin cukup sekian tutorial tentang Cara Install dan Konfigurasi SSH Server pada Debian 9, jika bermanfaat silahkan share keteman-teman kalian supaya mereka tau apa yang kalian tau. Jika ada kesulitan silahkan tinggalkan komentar.

Suluh Sulistiawan   Suluh Sulistiawan Selasa, 14 Januari 2020 379 View Debian

Komentar